Piala AFF U-19: Indonesia Kalahkan Laos 1-0

Jiromedia.com - Timnas Indonesia U-19 mengawali Piala AFF U-19 2018 dengan kemenangan. Menghadapi Laos di pembuka Grup A, Garuda Nusantara menang 1-0.

Indonesia menekan Laos dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Deltras Sidoarjo, Minggu (1/7/2018). Lini serang yang diisi trio Witan Sulaeman, Hanis Saghara, dan Saddil Ramdani sukses mengepung lini belakang lawan.

Berkali-kali tusukan dilakukan dari sektor sayap. Namun kurang tenangnya para pemain saat berada di kotak penalti Laos membuat banyak kans terbuang percuma.

Pun tekanan dari lini kedua. Berkali-kali Syahrin Abimanyu melepaskan tembakan yang mengancam gawang Laos, namun arahnya masih banyak yang melenceng.

Tekanan Indonesia baru membuahkan hasil di menit ke-29. Witan membobol gawang Laos usai bekerja sama satu-dua dengan Hanis. Masuk ke kotak penalti, Hanis tanpa kesulitan menaklukkan Kitom Venvongsot.

Di penghujung laga, kerja sama Witan dan Hanis nyaris menggandakan skor. Berawal dari serangan balik cepat, sodoran Hanis gagak dicocor Witan lantaran mendapat gangguan dari bek Laos.

Namun semenit berselang, blunder Riyandi nyaris memberi gol untuk Laos. Bola yang dioper kepadanya sempat direbut penyerang Laos, dan nyaris diteruskan menjadi gol. Beruntung bagi Indonesia, sepakan lawan sempat membentur dan cuma menghasilkan sepak pojok. Keunggulan 1-0 pun bertahan hingga istirahat.

Di babak kedua, Indonesia masih menekan. Hanis dan Saddil masih terus mengeksploitasi area kotak penalti Laos.

Di menit ke-75, Saddil menerima umpan di sisi kanan kotak penalti Laos. Bisa mengecoh dua bek lawan, sepakannya malah tidak sempurna sehingga bola gagal mengarah ke gawang Laos.

Di sisa waktu laga, tekanan terus dilancarkan Indonesia. Namun gol tambahan tidak tercipta karena ketidaktenangan barisan depan pemain Indonesia. Kemenangan 1-0 pun tetap bertahan.

Hasil ini menjadi modal berharga tim besutan Indra Sjafri untuk melakoni laga kedua Piala AFF U-19 2018. Selanjutnya, Indonesia ditantang Singapura, Selasa (3/7/2018)

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19: Riyandi (GK), Firza Andhika, Kadek, Nurhidayat, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu, Luthfi Kamal, Todd Rivaldo, Witan Sulaeman, Hanis Saghara, Saddil Ramdani.

Timnas Laos U-19: Kitom Venvongsot, Kittisak Phomvongsa, Chitpasong Latthachack, Mek Insoumang Boualapha Chalernsouk, Chanthachone Thinolath, Kiengthavesak Xayxanapanya, Onkeo khamsouliy, Phasao Sinonalath, Phoutthasone Vongkosin, Thatsaphone Saysouk 

[detik]

Subscribe to receive free email updates: